27 Februari 2009

Game Online Dunia Terancam Pelanggaran Paten

NCSoft adalah perusahaan pengembang dan publisher yang bergerak di bidang game online. Game online yang telah berhasil menjadi jawara di dunia internasional dari perusahhan ini terhitung cukup banyak, seperti Lineage 2, Tabula Rasa, dan City of Heroes. Sayangnya, perusahaan tersebut harus memulai tahun 2009 dengan menghadapi tuntuan serius mengenai pelanggaran hak paten yang dapat mengancam semua game online di dunia.

Tuntutan tersebut dilancarkan oleh sebuah pihak yang bernama Worlds.com, sebuah perusahaan online yang bergerak di bidang lingkungan virtual mirip Second Life dan Home dari PS 3. paten yang dilanggar oleh pihak NCSoft adalah sebuah paten bernomor 7,181,690 yang pihak Worlds daftarkan pada Februari 2008. Isi dari paten tersebut secara umum mengatur sistem dan metode yang membuat pengguna dapat berinteraksi melalui avatar di lingkungan virtual. Jadi, Worlds.com menganggap sistem chat dan interaksi dalam game online milik NCSoft (dan semua game online di dunia) telah melanggar paten mereka dengan menggunakan tanpa ijin.

Menghadapi tuntutan tersebut, pihak NCSoft menanggapinya dengan sangat serius dan menyatakan akan melawannya dengan kemampuan maksimal mereka. Bila pihak Worlds.com berhasil memenangkan tuntutan tersebut, dampaknya terhadap dunia game online akan sangat mengerikan. Selain harus membayar kerugian uang yang jumlahnya sangat besar, semua game online tidak diperbolehkan menggunakan sistem interaksi dan chat antar pengguna yang selama ini sudah dianggap umum. Hal tersebut tentunya merupakan masalah hidup dan mati untuk perusahaan game yang bergerak di bidang game online.

Bila kamu tertarik dengan kasus ini, kamu bisa menemukannya di sini dengan nama kasus Worlds.com Inc. v. NCSoft Corp., nomor kasus 08-508, pada pengadilan distrik USA untuk distrik timur Texas.

Sumber: www.patentarcade.com

0 comments: