21 Februari 2009

Vista Service Pack 2: Beta untuk Semua Pengguna

Microsoft telah merilis sebuah versi Beta dari Service Pack 2 untuk Vista. Versi ini tidak hanya tersedia bagi pegembang, melainkan juga untuk pengguna Vista biasa yang ingin mengujinya terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan agar software ini tidak digunakan untuk pekerjaan atau tugas sehari-hari.

Service Pack ini berisi semua update yang telah dirilis sejak sistem operasi ini diperkenalkan dua tahun yang lalu. Untuk instalasi, Microsoft juga menyediakan sebuah software cleanup. Software ini akan menghapus semua file yang tidak diperlukan lagi selama proses intalasi berlangsung.

Service Pack 2 menawarkan beberapa pembaruan. Windows Connect Client misalnya. Dalam versi baru, jaringan nirkabel lebih mudah untuk dikonfigurasi. Masalah kecepatan WLAN setelah standby mode sudah diatasi dalam SP2. Tadinya, kecepatan WLAN menurun drastis setelah komputer kembali aktif dari standby mode. Windows Search 4.0 pun sudah diintegrasikan sehingga mencari dan menampilkan e-mail, musik, atau foto dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dukungan standar Bluetooth 2.1 sudah tersedia dengan spesifikasi baru. Perangkat yang menggunakan standar ini, dapat digunakan pada Vista tanpa ada hambatan. Sejauh memilki perangkat yang sesuai, pengguna pun dapat membakar media Blu-ray. Kini, sistem file exFAT juga mendukung UTC Time Stamp (coordinated world time). Jadi, data (misal pada USB Flashdisk), dapat disinkronkan dalam beberapa zona waktu. Selama ini, terkadang muncul masalah dalam kasus tersebut.

Selain itu, gadget RSS di Windows Sidebar pun sudah disempurnakan dalam SP2. Feature ini memerlukan resource sistem yang lebih sedikit dan bereaksi lebih cepat daripada sebelumnya. Kini, Vista juga dapat mendeteksi prosesor 64 bit dari VIA. Untuk versi 32 bit, SP2 berukuran sebesar 302 Mb, sedangkan versi 64 bit memilki ukuran lebih besar dengan 508 Mb. Menurut Microsoft, versi final akan dirilis pada pertengahan pertama tahun ini.

Sumber: Microsoft

0 comments: