18 Februari 2009

2008 Top 10 PC Games (Nielsen Version)

Peringkat 10 besar game yang ditampilkan di media game biasanya kan diukur berdasarkan jumlah penjualannya selama waktu tertentu. Namun, Nielsen Media Research punya cara yang berbeda untuk menentukan peringkat tersebut. Nielsen Media Research adalah sebuah badan yang dipercaya di seluruh dunia sebagai pakar survey sejak 1940.

Ukuran yang digunakan untuk membuat peringkat 10 besar ini adalah jumlah waktu yang dihabiskan oleh gamers ketika memainkan game dan jenis perangkat video game (PC dan console). Semakin lama gamers menghabiskan waktunya untuk memainkan sebuah game dan perangkat tertentu, sudah pasti peringkatnya akan berada di posisi teratas.

Game yang mendapat peringkat teratas dalam daftar 10 besar versi Nielsen adalah World of Warcraft. Game online paling popular di dunia ini diperkirakan dimainkan oleh lebih dari 0,7% gamers di Amerika Serikat tiap menitnya dan mereka menghabiskan rata-rata waktu 11 jam tiap minggu. Angka ini sebenarnya mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2007 dengan rata-rata waktu 17 jam tiap minggu.

Peringkat kedua direbut oleh Call of Duty 4: Modern Warfare dengan jumlah pemain sekitar satu per seribu gamers PC tiap menitnya. Gamers yang memainkan game ini memiliki rata-rata waktu bermain sekitar 6,7 jam tiap minggunya.

Menurut Nielsen, game dan perangkat game lama lebih digemari dibandingkan dengan game dan perangkat baru. Pada peringkat tersebut, terlihat jelas bahwa game lama seperti Diablo II, Counter-Strike, dan The Sims lebih lama dimainkan dibanding game baru. Bahkan, PlayStation 2 menempati peringkat pertama sebagai perangkat yang paling banyak dan lama dimainkan mengalahkan Xbox 360. PS 2 memiliki waktu waktu penggunaan per menit sebesar 31,7% sedangkan Xbox 360 sebesar 17,2%. Sementara perangkat lain dengan urutan dari nomor tiga sampai sepuluh besar adalah Nintendo Wii (13,4%), Xbox (9,7%), PS 3 (7,3%), GameCube (4,6%), dan console lain lain (16,2%).

Sumber: game cyte

Berikut daftar 2008 Top 10 PC Games

Rank

Game Title

Publisher

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

World of Warcraft

Call of Duty 4: Modern Warfare

Halo: Combat Evolved

The Sims

The Sims II

RuneScape

Diablo II

Team Fortress 2

Counter-Strike

Counter-Strike: Source

Blizzard Entertainment

Activision

Ms. Game Studios

EA Inc.

EA Inc.

Jagex Ltd.

Blizzard Entertainment

Valve

Sierra Studios

Valve

0 comments: