23 Juni 2009

L'Arc en Ciel Vakum

BAD NEWS.. for L'Arc-en-Ciel-holic

L'Arc-en-Ciel akan vakum sampai 2011 setelah tur L'7

"Setelah live ini, nggak akan ada live untuk sementara waktu." Kalimat mengejutkan itu diucapkan Hyde, vokalis Laruku, di hadapan puluhan ribu audience konser L'7 Trans Asia'via Paris di Tokyo Dome, awal Juni lalu.

Kabar hiatus yang berhembus pasca pernikahan Tetsu, sang leader, itu terbukti kebenarannya. Sekitar awal Mei, salah satu media cetak Jepang memajang foto hitam putih bertulisan "2011 > Next Live 20th L'Anniversary Live." Karena belum ada konfirmasi dari Laruku, kabar tersebut dianggap angin lalu.

Titik terang mulai terlihat saat Hyde mengumumkannya dalam Hydeist, situs resminya, akhir Mei. "Mulai pekan ini, kami akan memulai live (tur L'7) di Jepang. Saat tur ini berakhir, L'Arc tidak akan mengadakan live lagi untuk sementara. Tapi aku akan senang kalau kalian berpikir bahwa kami akan terbang lebih tinggi lagi." Tulis Hyde di BBS (Bulletin Board System) yang hanya bisa diakses member Hydeist itu.

Tokyo dan Osaka, dua kota persinggahan terakhir rangkaian tur L'7, menjadi saksi mundurnya L'Arc untuk sementara. Di penghujung konser, L'Arc menyatakan bahwa mereka belum akan disband. "Sebab, L'Arc adalah culture." Itulah yang tertulis di giant screen.

Meski menarik diri dari fans, Hyde, Tetsu (basis), Kitamura Ken (gitar), Awaji Yukihiro (drum) akan tetap eksis. "Kami punya beberapa lagu bagus. Jadi kami akan merilisnya. Tunggu saja" kata Hyde di hari kedua konser L'7 di Tokyo, 1 Juni.

Untuk mengobati kesedihan fans sementara mereka vakum, L'Arc sudah menjadwalkan rilis sejumlah item. Pada 27 Agustus, mereka meluncurkan double A-side single NEXUS 4/Shine. Nexus 4 dicomot Subaru untuk lagu tema iklan produk terbaru mereka, New Legacy. Shine merupakan opening song anime Seirei no Moribito yang tayang April 2007.

Bersamaan dengan single Nexus4/Shine, DVD TOUR 2007-2008 Theater of Kiss dilepas ke pasaran. Isinya berupa aksi panggung selama L'Arc mengadakan rangkaian konser Theater of Kiss pada 20 Desember 2007-12 Februari 2008. Dua keeping DVD berdurasi 170 menit itu juga memuat dokumentasi off stage mereka. Musim semi tahun depan, L'Arc giliran merilis photo book berisi rangkuman kenangan tur L'7.

Para Cielers, harus bersabar untuk menyaksikan kembali aksi panggung keempat cowok tersebut. Mereka baru akan reuni bila L'Arc berulang tahun ke-20, yaitu pada 2011. "Saat itu kami berencana kembali dengan 'kapal' yang lebih besar," ucap Hyde.

Ini bukan kali pertama L'Arc vakum. Setelah merilis Real, mereka memutuskan meretas karir solo. Hyde merilis dua album, Roentgen dan 666. Tetsu mengusung bendera Tetsu69 dan meluncurkan album Suite November. Ken membentuk S.O.A.P (Sons of All Pussy) bersama Sakura, mantan drummer L'Arc. Sedangkan Yukihiro mewujudkan impiannya menjadi vokalis bersama band Acid Android.

Selepas rangkaian tur L'7 bukan berarti L'Arc bersantai. Tiap personel memiliki kesibukan sendiri. Seperti:

Hyde, yang lagi-lagi mencuri start. Ia kan kembali berduet dengan KAZ, mantan personel Spin Aqua, setelah sebelumnya mereka pernah berduet mengerjakan album Hyde, Faith. Kali ini mereka berdua mengusung bendera VAMPS.

Tetsu, sang newlywed, mengungkapkan keinginannya menikmati hari-hari setelah pernikahan. "Aku ingin membangun keluarga yang hangat." tutur suami Sakai Ayana, model sekaligus aktris Jepang yang usianya 16 tahun lebih muda.

Ken, si mantan calon arsitek ini akan terjun sebagai produser. Dia membidani single terbaru band MUCC yang masih belum diberi judul.

Yukihiro, si chocoholic, masih belum memastikan kegiatannya selepas Laruku vakum. Bisa jadi, Yukihiro akan kembali menyeriusi karir bersama Acid Android.

0 comments: