05 Juni 2013

Nihon Matsuri 2013 – まってくれ!

Nihon Matsuri merupakan event tahunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang (UNNES). Event ini selalu banyak peminatnya tiap tahun. 1 Juni 2013, dengan tema 夢の力 (Yume no Chikara: Kekuatan Mimpi) benar-benar mewujudkan mimpi penggemar event ini. Tidak seperti tahun lalu saat event ini diadakan indoor di dalam gedung. Tahun ini, event ini diadakan outdoor. Bahkan, menurut panitia yang tahun lalu ikut serta, event tahun ini jauh lebih besar.


Saya dan teman-teman dari JKT48 Fans UNNES mendapat kehormatan untuk mengisi salah satu stand yang ada di Nihon Matsuri. Kebanyakan pengunjung stand antusias dengan isi yang ada di dalam stand. Mulai dari ‘Sonya’s Birthday Project’ berupa roti tawar yang dilukis wajah Sonya Pandarmawan (salah satu member JKT48), ada poster Jessica Vania (Jeje) dan full member, PP (photopack) member, CD JKT48. Ada yang penasaran ‘kok bisa ya roti tawarnya awet. ga jamuran?’ Saya aja bingung. hahaha. Mungkin stand ini adalah cara paling pas untuk merekrut teman-teman baru.

Kalo cerita stand sendiri rasanya bakal dikit tulisan ini. Saya coba me-review beberapa stand yang ada di Nihon Matsuri. Let’s check it out!


1.      Mulai dari stand sebelah kanan. Adalah stand Himpro BSA (Bahasa & Sastra Asing). Isinya berupa baju & T-shirt. Menjual makanan & minuman juga. Kebetulan kalo haus ga usah jauh-jauh. Tinggal ke stand sebelah. Hahaha. Mungkin ini staf bendahara BSA . Buat nambah kas Himpro (mungkin).

2.      Stand sebelah kiri ada stand JAICO (Japan Independent Community). Isinya mulai dari kostum cosplay, mokit gundam, action figure Kamen Rider. Sempat ngobrol sama salah satu penghuninya. Ternyata JAICO ga cuma dari UNNES aja. Campuran. Ngajak ngobrol juga soal AKB48. Ya saya ladenin lah.

3.      Ada juga stand mini 4WD. Isinya ya mini 4WD aka Tamiya. Original semua lho. Katanya sih ada event race (balapan) juga di komunitas itu. Ada pengunjung yang tanya kisaran harga Tamiya. (cuma) IDR 135 ribu.


4.      Stand Peri (Papercraft Indonesia) Semarang. Isinya keren sangat. Papercraft gundam, action figure Iron Man, Hatsune Miku (Vocaloid). Ada juga Bima Satria Garuda.


5.      Stand One Piece yang saya lihat memamerkan action figure, papercraft, poster, gantungan kunci. Sayangnya, saya lupa beli poster dan gantungan kunci. >.<

6.      Beyblade Semarang memamerkan koleksi Beyblade-nya (ntah ori/tidak. Saya lupa tanya. xD). Ada juga tulisan “Jangan Disentuh!” mungkin ini asli (pikirku saat itu). Ada juga yang lagi tanding Beyblade di Beyblade Arena.


7.      Mampir di sebuah stand (yang saya lupa namanya. >.<) yang ada kostum Kamen Rider Wizard. Ada henshin belt juga.


8.      Stand Takoyaki. dengan 10 ribu dapet 5.

9.      Stand distro kaos anime. Menjual design kaos karakter anime. Ada pre-order juga.

Itu beberapa stand yang saya kunjungi. Selanjutnya, menikmati lomba cosplay. Saya lupa ada berapa pesertanya. Antara 8-10 peserta. Beberapa karakternya original. Top bangetlah buat cosplayer-nya. Keren!
yg paling seksi. Tifa Lockheart from Final Fantasy

Zorro from One Piece

Saint Seiya

Juara 1. Devil May Cry.

Ada lomba makan Ramen dan Takoyaki juga. Sayangnya, saya mesti jaga stand. Jadi ngga tahu kayak gimana serunya. xD

Sesi malam pun mulai memanas. Band performer & pentas kolaborasi teman-teman Pendidikan Bahasa Jepang.

Dimulai dari Super Miracle dance yang menampilkan cover dance dari Hey! Say! JUMP. judulnya Beat Line (ini aja hasil tanya temen. xD. yang belum tahu Hey! Say! JUMP! google is your friend. Aneh kalo saya jelasin HSJ di sini. xD)

Abis itu The Agony perform dengan lagu dari The Gazette & One OK Rock.

Nah, abis The Agony ini yang bikin suara serak, perut mules, dan keringetan. Strawberry Kiss yang ditungu-tunggu para fans 48Family. Alasannya, mereka meng-cover lagu-lagunya AKB & sister-sister group-nya. Namun, di lagu pertama, banyak yang kurang tahu. Lagu pertama 君の知らない物語 (Kimi no Shiranai Monogatari) dari supercell merupakan OST Bakemonogatari. Lagu kedua, ごめんねSUMMER (Gomen ne SUMMER) yang membuat semua nge-chant. Beberapa yang udah nyiapin lightstick pun mulai beraksi. Lagu berikutnya, GIVE ME FIVE! Disusul lagu terakhir HEAVY ROTATION. Seru! Seru Banget!

Setelah Strawberry Kiss perform, disusul penampilan kolaborasi Pendidikan Bahasa Jepang. Menampilkan drama musikal. Saya kurang gitu ngeh karena capek nge-chant. xD

Jam 10 malam. Waktu buat anak-anak JKT48 UNNES buat cabut dari tempat event karena udah capek dan mulai sepi pengunjung (iya lah. udah malem gitu. xD). Barang-barang di stand pun diberesi.

Semoga tahun depan meriah lagi (kalo bisa lebih meriah dari tahun ini.)

Akhir kata, saya tutup dengan judul di atas: Nihon Matsuri… まってくれ(Mattekure : Tunggu Aku!)

0 comments: