15 Oktober 2009

Mengembalikan Data yang Terhapus

Sering kali tanpa sengaja memory card pada kamera ter-format. Saat hal ini terjadi, para pengguna yang orang awam tentu akan panik dan mencari bantuan. Nggak jarang, bantuan yang didapatkan bukan merupakan solusi, melainkan justru membuat isi memory card kamu nggak lagi dapat diselamatkan. So, jangan panik! Aku kan tunjukin cara-caranya balikin foto yang terhapus dengan menggunakan card reader, ruang hard-disk, dan software gratis dari VAIOSoft namanya Recovery Manager 1.5.

Hal yang perlu diingat setelah memory card tersebut ter-format, jangan pernah meng-copy 1 file pun ke dalam memory card tersebut. Soalnya, hal ini bisa membuat data yang ada nggak bisa lagi diselamatkan. Jika kamu udah yakin dengan hal tersebut, ikuti langkah-langkah berkut:


1. Pasang card reader beserta memory card kamu. Pastikan juga udah terdeteksi sama komputer.


2. Install dan jalankan VAIOSoft Recovery Manager 1.5


3. Saat window utama Recovery Manager 1.5 terbuka, pilih tab “Recovery”. Pertama kali pilih “Option” lalu centang pada pilihan paling bawah “Always start from 0th Sector”


4. Secara default, program akan menyalin file yang terhapus pada folder C:\Recover. Jika kamu men-setting kamera untuk menyimpan gambar dalam format .jpg, seharusnya file foto tersebut sudah tersalin pada folder Recover tersebut. Akan tetapi, bagi yang menyimpan foto dengan format RAW yang spesifik, program ini akan menyimpannya dalam format TIF. Untuk itu, kamu harus me-rename file tersebut ke format kamera kamu. Misalnya, untuk Canon, file RAW-nya adalah .CR2.

0 comments: